Live chat adalah fitur yang dapat biasanya digunakan di website-website sebagai wadah untuk para pelanggan pelayanan publik suatu instansi menanyakan atau mengadukan suatu kendala. Kemunculan fitur live chat ini didukung oleh perkembangan era digital yang memunculkan karakter spesifik baru pada para pelanggan layanan yang ada sehingga menciptakan kepuasan bagi pengguna layanan.
Tanpa disadari, kebanyakan pelanggan ingin segala sesuatu yang ada di sekitarnya serba mudah dan cepat. Bahkan tidak sedikit yang memberi keluhan atau pertanyaan soal layanan yang dilakukan oleh instansi atau korporat yang layanannya kurang memadai atau ada kendala terkait pengajuan layanan. Rumor-rumor seperti ini yang terkadang mudah membuat rating suatu instansi atau korporat menurun tanpa disadari.
Terkait hal tersebut Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan melakukan sosialisasi Standard Operating Procedure (SOP) yang berkaitan dengan Live Chat tersebut, sehingga diharapkan setelah dilakukan sosialisasi fitur Live Chat pada subsite Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan menjadi lebih efektif dan petugas dapat memberikan informasi atau jawaban sesuai dengan keinginan pelanggan atau pengguna layanan.
Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan