Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas Rahmat dan Hidayah-Nya kita dapat menyelesaikan tugas dan kewajiban di bidang Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan. Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan bertanggung jawab terhadap pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan dalam rangka pencapaian visi dan misi Badan Pengawas Obat dan Makanan agar Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan yang beredar senantiasa memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, mutu atau khasiat.

Tugas dan tantangan di bidang pengawasan obat tradisional, semakin luas dan kompleks. Keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan mendorong kita untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam kinerja. Adanya keinginan sebagian masyarakat untuk mendapatkan efek yang instan mendorong munculnya beberapa pengusaha menambahkan bahan kimia obat pada Obat Tradisional untuk mempercepat efek yang diinginkan.

Dalam Laporan Tahunan 2020 ini disampaikan hasil pengawasan obat tradisional dan suplemen kesehatan yang dilakukan Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan yang mencakup penilaian sarana produksi dan distribusi Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, inspeksi sarana produksi dan distribusi Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, evaluasi informasi dan promosi obat tradisonal dan suplemen kesehatan, pengawasan keamanan dan mutu obat tradisional dan suplemen kesehatan serta tata operasional.

Layanan importasi dan eksportasi dilakukan secara cepat, transparan dan akurat melalui sistem elektronik National Single Window. Dalam upaya reformasi birokrasi di bidang layanan diharapkan implementasi ” PRIMA” dapat terwujud.

Penanganan Obat Tradisional mengandung Bahan Kimia Obat dilakukan melalui pembinaan CPOTB, advokasi kepada lintas sektor dan Public Warning. Demikian halnya dengan pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan dilakukan melalui pemeriksaan sarana produksi dan distribusi, sampling dan pengujian untuk ditindaklanjuti sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB) yang ditetapkan. Diperlukan perkuatan legislasi untuk mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan.

Demikian, diharapkan Laporan Tahunan 2020 ini mampu menggambarkan pelaksanaan program di bidang pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan. Kepada Team Work Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas prestasi kerja dan kerjasama yang baik selama menjalankan tugas, sehingga mampu mewujudkan team work yang solid. Semoga kedepan dapat lebih ditingkatkan lagi, selamat meneruskan perjuangan dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Masukan guna perbaikan dan peningkatan program sangat diharapkan dan semoga membawa manfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 30 April 2021

Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan


Irwan, S.Si., Apt., M.K.M